D-I Pajak

VISI

“Menjadi pusat keunggulan (center of excellence) dalam mencetak Sumber Daya Manusia Keuangan dan Kekayaan Negara di bidang perpajakan dengan mengintegrasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi guna menghasilkan lulusan yang handal, amanah, profesional, dan berintegritas tinggi.”

MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan tenaga ahli pada Program Studi Diploma I di bidang perpajakan yang bermoral dan berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mendukung pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang perpajakan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berkualitas di bidang perpajakan.
  4. Menjadi katalisator terciptanya aparatur pemerintah yang menjunjung tinggi good governance.
  5. Mendorong terbentuknya iklim akademik bagi sivitas akademika guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  6. Sebagai pusat rujukan pendidikan perpajakan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang bermoral, profesional dan berintegritas tinggi;
  2. Menghasilkan lulusan yang siap menjadi aparatur pemerintah di bidang perpajakan;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan:
    1. Penghitungan Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, PPh Pemotongan dan Pemungutan dan Pajak Bumi dan Bangunan.
    2. Penagihan Pajak dengan surat paksa.
    3. Mengoperasikan Sistem Aplikasi Informasi Perpajakan Indonesia.
  4. Menjadi tempat rujukan pendidikan di bidang perpajakan;
  5. Memperkuat program penelitian inovatif yang bernilai guna dan berhasil guna sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat dan dunia perpajakan.
  6. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilandasi semangat kepedulian dan komitmen terhadap pencarian alternatif solusi untuk berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

SASARAN

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan program studi seperti yang diuraikan di atas maka disusun suatu perencanaan bertahap agar sasaran pencapaian tersebut dapat terfokus. Adapun sasaran yang mengacu pada pencapaian tujuan Program Studi Diploma I Pajak dirumuskan sebagai berikut:

  1. Peningkatan kualitas lulusan yang memiliki hard competency (tercermin dari peningkatan IPK lulusan) dan soft competency (pembekalan etika profesi, sikap anti korupsi, dan pengembangan kepribadian).
  2. Peningkatan tatakelola yang bermutu yang tercermin dari tingkat efisiensi, produktivitas, dan akreditasi program studi.
  3. Peningkatan sarana dan prasarana  pendukung agar proses pembelajaran berlangsung secara kondusif, yang dicerminkan dari peningkatan kualitas dan kuantitas layanan yang disediakan.
  4. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian pendidik yang dicerminkan dari jumlah penelitian tenaga pendidik dan publikasi ilmiah.
  5. Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat.

STRATEGI

Berdasarkan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT)  dan analisis prioritas program selanjutnya disusun rencana strategis pencapaian sasaran secara bertahap. Strategi yang ditempuh untuk setiap sasaran diuraikan sebagai berikut: 

1. Peningkatan jumlah lulusan yang memiliki hard competency (tercermin dari peningkatan IPK lulusan) dan soft competency (pembekalan etika profesi, sikap anti korupsi, dan pengembangan kepribadian).

Strategi yang ditempuh:

  1. Sebelum mengikuti perkuliahan mahasiswa diwajibkan mengikuti orientasi mahasiswa untuk menyiapkan mahasiswa terbiasa dengan tugas-tugas perkuliahan sekaligus memberikan pemahaman nilai-nilai yang berlaku di PKN STAN.
  2. Hard competency dan soft competency mahasiswa akan dikembangkan melalui kegiatan perkuliahan sesuai dengan kurikulum. Hard competency dikembangkan secara khusus dengan mata kuliah terkait dengan bidang perpajakan seperti yang tertuang dalam kelompok mata kuliah MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya) pada Program Studi Diploma I Pajak PKN STAN, sedangkan soft competency dikembangkan dengan mata kuliah agama, etika profesi dan Kapita Selekta Pengembangan Kepribadian.
  3. Memberikan layanan pembelajaran yang kondusif baik di kelas maupun di laboratorium dengan cara memberikan fasilitas yang optimal dengan cara ruang kelas yang nyaman baik secara perlengkapan maupun suasana pembelajaran sehingga mampu mendorong mahasiswa lebih aktif dalam setiap proses pembelajaran melalui metode partisipative learning.
  4. Selain kegiatan perkuliahan diselenggarakan juga beberapa seminar/workshop/kuliah umum/ceramah umum terkait dengan perkembangan regulasi terbaru di bidang perpajakan dengan para pembicara baik yang berasal dari berbagai unit di Kementerian Keuangan maupun dari unit lain di luar Kementerian Keuangan.
  5. Melakukan evaluasi terhadap tenaga pendidik dan proses penyelenggaraan pendidikan setiap 6 bulan sekali/semester dan memberikan hasil evaluasi tenaga pendidik kepada yang bersangkutan serta membuat laporan atas evaluasi ini setiap satu tahun akademik.
  6. Melakukan peninjauan dan/atau pengembangan secara berkala terhadap kurikulum yang berlaku untuk mengikuti dinamika unit pengguna khususnya Direktorat Jenderal Pajak dengan melibatkan secara langsung para pengguna lulusan yaitu Direktorat Jenderal Pajak serta Widyaiswara Pusdiklat Pajak dalam proses pengembangan kurikulum di Program Studi Diploma I Pajak PKN STAN.
  7. Mendorong mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan akademik maupun non-akademik yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dengan cara memberikan kemudahan terkait kegiatan dimaksud.
  8. Penerapan disiplin terhadap mahasiswa dilakukan melalui berbagai macam cara seperti melakukan apel pagi yang dipimpin oleh pegawai di Bidang Akademis Pendidikan Pembantu Akuntan, mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan capacity building yang dipandu oleh Kopassus, dan juga adanya pemantauan kehadiran mahasiswa melalui daftar hadir yang beredar di tiap kelas secara berkala.
  9. Menanamkan nilai-nilai luhur seperti integritas, pembelajaran yang berkesinambungan, dan pelayanan atas pemangku kepentingan melalui proses pembelajaran.
  10. Membiasakan mahasiswa agar mampu menghargai perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing individu melalui interaksi di kelas dan interaksi di luar kelas dalam lingkungan PKN STAN dengan cara membagi mahasiswa di tiap kelas agar tidak berasal dari daerah yang sama dalam satu kelas.
  11. Membiasakan mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat dalam proses pembelajaran, kegiatan akademik, dan non-akademik.

2. Peningkatan tatakelola yang bermutu tercermin dari tingkat efisiensi, produktivitas, dan akreditasi program studi.

Strategi yang ditempuh:

  1. Menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Program Studi Diploma I Pajak PKN STAN setiap tahun, indikator pencapaian, serta TOR (Term of Reference) untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Penyusunan laporan kinerja yang tertuang dalam Laporan Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk masing-masing pegawai di bidang akademis pendidikan pembantu akuntan setiap semester.
  3. Menetapkan kebijakan tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perkuliahan pada setiap semester sesuai dengan kebijakan akademik PKN STAN.
  4. Menetapkan kebijakan yang disepakati bersama oleh civitas akademika tentang disiplin, penanaman nilai-nilai luhur sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam Program Studi Diploma I Pajak PKN STAN di setiap proses pembelajaran di kelas, di laboratorium  dan interaksi lainnya.
  5. Menetapkan kegiatan pengembangan wawasan melalui seminar, workshop, kuliah umum, ceramah umum, dan studi lapangan.
  6. Menetapkan kebijakan pendanaan untuk peningkatan kegiatan penelitian pengajar, pengabdian masyarakat, dan dana kegiatan kemahasiswaan dari total anggaran prodi/bidang akademis. 
  7. Menetapkan kebijakan dukungan pendanaan bagi mahasiswa yang mengikuti kompetisi yang disetujui Direktur PKN STAN.

3. Peningkatan sarana dan prasarana pendukung agar proses pembelajaran berlangsung secara kondusif, yang dicerminkan dari peningkatan kualitas dan kuantitas layanan yang disediakan.

Strategi yang ditempuh:

  1. Melakukan peninjauan dan/atau peningkatan fasilitas ruang kelas termasuk laboratorium sehingga proses pembelajaran berlangsung secara kondusif, hal ini tertuang dalam master plan PKN STAN.
  2. Berupaya menyediakan dana pemeliharaan dan perawatan atas peralatan yang dimiliki oleh PKN STAN secara rutin agar sedapat mungkin seluruh peralatan yang dimiliki oleh PKN STAN dapat terpelihara.

4. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian pengajar yang dicerminkan dari jumlah penelitian pengajar dan publikasi ilmiah.

Strategi yang ditempuh:

  1. Dana APBN yang diterima oleh PKN STAN dialokasikan sebesar 0,19% yang diperuntukan sebagai dana penelitian bagi tenaga pendidik pada Program Studi Diploma I Pajak PKN STAN setiap tahun.
  2. Memberikan kesempatan bagi tenaga pendidik untuk memperoleh dana penelitian dan mengikuti call of paper yang diselenggarakan pihak luar.
  3. Memfasilitasi tenaga pendidik dan mahasiswa dalam pertemuan ilmiah seperti workshop, seminar nasional dan internasional, serta simposium.
  4. Memfasilitasi tenaga pendidik untuk mempublikasikan hasil penelitiannya melalui jurnal program studi maupun jurnal terakreditasi lainnya.

5. Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat. Untuk periode ini, bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan “Drop Box SPT”.

Strategi yang ditempuh

  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengabdian masyarakat bersama seluruh tenaga pendidik.
  2. Memfasilitasi pengajar dan mahasiswa untuk membentuk jejaring dengan lembaga lainnya dalam melaksanakan pengabdian masyarakat.
  3. Memfasilitasi pendidik dan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil pengabdian masyarakatnya melalui situs PKN STAN.

DAFTAR DOSEN

1. Agus Bandiyono
2. Aditya Wirawan
3. Anisa Fahmi
4. Budiasih Widiastuti
5. Nur Indah Lestari
6. Susi Zulvina

JADWAL KEGIATAN

1. Jadwal Ujian Tengah Semester Genap TA 2015/2016: 17 s.d 29 Mei 2016
2. Jadwal Visitasi Akreditasi Prodi D3 PBB Penilai: 26 s.d 27 Mei 2016.

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui

Terhubung Dengan Kami

Tetap terhubung dengan kami melalui akun resmi media sosial PKN STAN.

    

Lokasi Kampus