Pengembangan

Di tahun 2016, dengan semangat untuk menjaga mutu di awal berjalannya Politeknik Keuangan Negara STAN, SPM PKN STAN telah melakukan beberapa kegiatan utama yang mejadi tugas pokok dari SPM. Kegiatan tersebut mencakup:

1) koordinasi proses akreditasi program studi

2) penyusunan standar penjaminan mutu internal

3) penyusunan manual/pedoman mutu,

4) pemantauan implementasi standar mutu,

5) penyusunan panduan dalam bentuk keputusan atau surat edaran direktur,

6) focus group discussion terkait kegiatan akademis, dan

7) koordinasi proses ploting pengajar.

 

Koordinasi Proses Akreditasi Program Studi

Di permulaan PKN STAN berjalan, dari 10 (sepuluh) program studi (prodi) yang dikelola oleh PKN STAN, hanya 2 (dua) prodi yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Prodi Diploma I Kebendaharaan Negara dan Diploma I Kepabeanan dan Cukai sehingga terdapat 8 (delapan) prodi yang belum terakreditasi. Di tahun 2016, PKN STAN berhasil mendorong pelaksanaan akreditasi 6 (enam) prodi dari delapan prodi yang belum terakreditasi tersebut. Prodi-prodi yang telah dilakukan proses akreditasi selama tahun 2016 antara lain:

a. Diploma I Pajak,

b. Diploma III Pajak,

c. Diploma III Penilai/PBB,

d. Diploma III Manajemen Aset,

e. Diploma III Kebendaharaan Negara,

f. Diploma III Kepabeanan dan Cukai.

 

Penyusunan Standar Penjaminan Mutu Internal Bidang Pendidikan

Implementasi Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di PKN STAN bidang pendidikan bertujuan menjamin standar kualitas lulusan. Pada dasarnya proses penjaminan mutu terdiri atas proses perencanaan, penerapan/pelaksanaan, pengendalian, dan pengembangan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholder internal (mahasiswa, dosen, dan karyawan) dan stakeholder eksternal (masyarakat, dunia usaha, asosiasi profesi, pemerintah) memperoleh layanan terbaik. Pada umumnya, SPMI mencakup seluruh Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun SPMI bidang penelitan dan pengabdian kepada masyarakat disusun oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. SPMI Bidang Pendidikan terdiri dari beberapa standar di dalamnya antara lain:

a. Standar Kompetensi Lulusan

b. Standar Isi Pembelajaran

c. Standar Proses Pembelajaran

d. Standar Penilaian Pembelajaran

e. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan

f. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran

g. Standar Pengelolaan Pembelajaran

h. Standar Pembiayaan Pembelajaran

SPMI PKN STAN disahkan melalui Peraturan Direktur Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pedoman Standar Mutu Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Lingkungan Politeknik Keuangan Negara STAN. Atas permintaan dari Kepala Badan, SPMI PKN STAN direview oleh senat dan dalam proses review tersebut terdapat beberapa hal yang diubah. Atas perubahan SPMI tersebut, Direktur PKN STAN mengesahkan kembali SPMI yang telah disesuaikan melalui Peraturan Direktur Nomor 4 Tahun 2016 tentang Perubahan Peraturan Direktur Nomor 1 Tahun 2016.

 

Penyusunan Manual/Pedoman Mutu

Selama tahun 2016, SPM telah menyusun 6 (enam) manual/pedoman mutu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses penyelenggaraan akademis di lingkungan PKN STAN. Manual/pedoman mutu tersebut antara lain:

a. PM.01/SPM/2016 : Penentuan Dosen pada Tiap Semester

b. PM.02/SPM/2016 : Evaluasi Dosen pada Tiap Semester

c. PM.03/SPM/2016 : Pengembangan Kurikulum Program Studi

d. PM.04/SPM/2016 : Penyusunan Dokumen Borang Akreditasi

e. PM. 05/SPM/2016 : Standardisasi/Validasi Soal Ujian

f. PM. 06/SPM/2016 : Rekrutmen dan Seleksi Pengajar

 

Pemantauan Implementasi Standar Mutu

Sejalan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, PKN STAN menjamin pelaksanaan misi perguruan tinggi sesuai standar kualitas yang mencakup standar pendidikan, penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat. Untuk memastikan bahwa pelaksanaan misi perguruan tinggi berjalan sesuai dengan yang direncanakan maka perlu dilakukan proses pemantauan implementasi standar mutu sebagai bagian dari proses penjaminan mutu.

Pelaksana pemantauan standar mutu adalah mereka yang ditunjuk pimpinan dalam Struktur Penjaminan Mutu, ditetapkan melalui Keputusan Direktur Nomor 56 Tahun 2016 tentang Struktur Penjaminan Mutu di Lingkungan Politeknik Keuangan Negara STAN tanggal 3 Juni 2016. Struktur Penjaminan Mutu terdiri dari:

a. Pengarah yaitu Direktur, bertugas memberikan arahan terkait konsep dan kebijakan penjaminan mutu.

b. Penanggung jawab yaitu Pembantu Direktur Bidang Akademik, bertugas mengoordinasikan usulan sistem manajemen mutu pendidikan tinggi dan mengoordinasikan kegiatan penjaminan mutu agar sesuai dengan atau melebihi standar mutu pendidikan tinggi.

c. Koordinator, bertugas untuk mendampingi, membimbing, dan memantau kegiatan penjaminan mutu.

Koordinator Bidang:

  • Akademis : Kepala Satuan Penjaminan Mutu
  • Penelitian dan : Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Pengabdian Masyarakat

d. Anggota, bertugas untuk melaksanakan kegiatan penjaminan mutu di bidang yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Penyusunan Panduan Dalam Bentuk Surat Edaran Direktur/Keputusan Direktur/Lainnya

Selain menyusun manual/panduan mutu, pada tahun 2016 SPM menyusun beberapa panduan lain dalam bentuk surat edaran direktur, keputusan direktur, dan buku pedoman.

  • Surat Edaran Direktur Nomor 1 Tahun 2016 tanggal 19 Februari 2016 tentang Penentuan Pengajar di Lingkungan PKN STAN
  • Keputusan Direktur Nomor 86 Tahun 2016 tanggal 2 September 2016 tentang Penunjukan dan Pengangkatan Dosen Pembimbing Akademik Program Studi Diploma I, Diploma III, dan Diploma IV PKN STAN Berdasarkan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017
  • Buku Saku Pengajar

 

Focus Group Discussion Terkait Kegiatan Akademis

 

Koordinasi Proses Ploting Pengajar

Sejatinya, proses ploting merupakan kewenangan penuh Program Studi/Jurusan. Dalam hal ini, Ketua Prodi berhak untuk menentukan siapa saja yang bertugas untuk mengajar di kelas-kelas yang diampu oleh Prodi. Namun, dalam berjalannya proses ini terdapat kebutuhan untuk mensikronisasi data pengajar seluruh Prodi sehingga diharapkan tidak ada pengajar yang jumlah SKS mengajarnya berlebih atau kurang, khususnya untuk para Dosen Tetap maupun Calon Dosen PKN STAN yang mempunyai kewajiban mengajar dengan jumlah tertentu. Di sini SPM hadir untuk mengoordinasikan data ploting seluruh Program Studi yang diselenggarakan di Kampus PKN STAN Bintaro, Purnawarman, dan Rawamangun. Pada tahun 2016, koordinasi proses ploting ini berlangsung selama 3 (tiga) kali yaitu Semester Genap TA 2015/2016, Semester Ganjil TA 2016/2017, dan Semester Genap TA 2016/2017. Artinya SPM memfasilitasi/mengkoordinasikan proses ploting yang kompleks tersebut selama 3x periode. Setelah perangkat Jurusan telah lengkap dengan ditunjuknya Sekretaris Jurusan, proses ploting selanjutnya menjadi kewenangan Sekretaris Jurusan. SPM hanya menjadi pihak yang memberi masukan dan/atau memantau kesesuaian beban mengajar dosen dengan aturan yang berlaku.

Pada rapat koordinasi pengajar Semester Ganjil TA 2016/2017, disosialisasikan visi misi dan Standar Mutu PKN STAN, tidak hanya kepada para pengajar tetapi juga pengelola, manajemen, dan pejabat Balai Diklat Keuangan selaku pengelola Prodi di daerah. Setelah sosialisasi, peserta diminta mengisi survey pemahaman visi misi PKN STAN.

 

Pengembangan Lainnya

Di samping itu, SPM juga melakukan tugas lain yang merupakan penugasan dari organisasi seperti menjadi bagian dalam Divisi Manajemen Risiko USM PKN STAN 2016, panitia kegiatan Dies Natalis PKN STAN I Tahun 2016, dan membantu proses penelitian dosen-dosen di lingkungan PKN STAN. SPM PKN STAN juga menggagas draft Peraturan Kebebasan Akademik. Saat ini peraturan dimaksud juga masih dibahas oleh Senat PKN STAN. Dalam waktu yang tidak bertaut lama, SPM PKN STAN juga mengusulkan pengaturan/pengelolaan nilai, akibat kebijakan penghapusan rapat kelulusan, sehingga appeal nilai oleh mahasiswa semakin banyak. Pengaturan/pengelolaan nilai tersebut saat ini masih dibahas oleh Senat PKN STAN.

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui

  • Hotline: +6221 7361654-58 ext.264
  • Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Terhubung Dengan Kami

Tetap terhubung dengan kami melalui akun resmi media sosial PKN STAN.

    

Lokasi Kampus